Sajak Rumah

19:39

Aku rindu rumah.
Saat aku ingat bagaimana ibu tertawa.
Menertawai tingkah polah adikku,
yang ternyata terus tumbuh dewasa.

Aku rindu rumah.
Saat ingat bagaimana ibu tertidur.
Tidur seraya terus menjaga matanya,
untuk menjaga seisi rumah.

Aku rindu rumah.
Saat aku ingat bagaimana aku terjatuh dari motor.
Terjatuh dengan ci intan yang bergaya mengendarainya,
padahal waktu itu kami disuruh tidur.

Aku rindu rumah.
Saat aku ingat bagaimana mata ini berinai air.
Menangis lantaran aku, ci intan, dan adik-adikku bertengkar,
untuk hal-hal yang sepele.

Aku rindu rumah.
Saat aku ingat bagaimana seisi rumah tertawa.
Menertawai setiap polah anggota keluarga,
yang nggak terpikirkan.

Aku rindu rumah.
Saat aku ingat bagaimana adik-adikku pagi kemarin.
Bangun tidur kesiangan, bergegas mandi, menyiapkan sarapan,
padahal detik jam terus menuju angka tujuh.

Aku rindu rumah.
Saat aku ingat bagaimana aku bangun tengah malam.
Bangun lantaran aku terjatuh dari kasur,
malam itu aku bermimpi terjun payung.

Aku rindu rumah.
Saat aku ingat wajah-wajah kalian,
Ibu, papah, ci intan, mas didi, bisma, tanjung, satrio, dan tata.
Aku rindu rumah.

[24/07/10]

You Might Also Like

6 komentar

  1. Biar rumah orang lebih enak, biar hotel bintang lima sekalipun, gak akan bisa mengalahkan kenikmatan berada di rumahku, rumah yang dibangun oleh keringat ayah ibuku, rumah di mana aku bisa santai, bisa tidur dengan gaya apapun, bisa makan sambil buka baju n keringetan, rumah di mana aku bisa mendapatkan privasi dan kebersamaan...

    kangen sama rumah yaaa...

    BalasHapus
  2. betul banget tuh.
    rumah sendiri emang lebih mantap dibandingkan sama rumah-rumah yang lain kok.

    ya nih, aku lagi rindu kasur2 di rummah.
    heheheheee

    BalasHapus
  3. apalagi kalau udah merantau yah?
    jd sedih bacanya...
    'home sweet home'

    BalasHapus
  4. aku juga rindu rumah, penat hilang ketemu orang-orang terkasih.... :)

    BalasHapus
  5. iya betul.
    tapi kalau merantau demi sesuatu yang baik, ya semoga pengorbanan jauh dari rumah, nggak percuma yah.
    heheheee

    BalasHapus
  6. narti, betul banget.
    kalau liat orang-orang terkasih, kayak HP yang on lagi gara-gara udah di-charge.
    heheee

    BalasHapus