#2

09:55

Sejenak teringat dengan puisi bikinan seorang teman. judulnya "atas nama kritis". begitu menohok. bukan lantaran untaian kata-katanya tak romantis, sangat tak romantis, tapi lantaran temanya. katanya, itu salah satu puisi yang dibikin untuk menyindir polah teman-temannya sendiri. dan nyatanya aku tersindir.

tapi, sekarang aku tak sedang curhat soal perasan tersindirku. ah, itu lupakan saja. aku hanya tiba-tiba terpikir (pikiran ini muncul sebelum aku terpikir soal puisi bikinan teman itu) soal banyaknya permasalahan di negara ini. muncul sebuah pertanyaan: kenapa selalu ada aja masalah?

jawaban pertama memang berbicara soal memang normalnya dunia itu penuh masalah. dan kudu ada masalah. dan ini nggak dosa.

tapi, aku nggak yakin betul dengan jawaban itu. jangan-jangan banyaknya masalah itu lantaran diri kita sendiri. lantaran kita terlalu bersikap kritis pada semua hal, terlalu skeptis atas berbagai fenomena yang berseliweran. jadi hal kecil pun bisa jadi masalah besar.

sambil menggaruk kepala, aku coba berfikir.

06-11-2009

You Might Also Like

0 komentar